Mengunjungi Lancaster Castle, Benteng yang Menyimpan Sejarah Kelam

Gak pernah kepikiran sebelumnya untuk mengunjungi kota Lancaster, kota yang namanya belum pernah aku dengar sebelum rencana kedatanganku kesana. Lancaster adalah sebuah kota di Provinsi Lancashire yang terletak di Inggris sebelah barat laut.

Kenapa aku kesini? Hmmm, sebenernya karena tugas kantor. Maka dari itu, selama di Lancaster aku gak bisa jalan-jalan kesana kemari. Satu-satunya tempat wisata yang aku kunjungi ya cuma Lancaster Castle. Huaaaa, udah sampai Inggris tapi gak ke London T.T *kemudian baper*.

gerbang lancaster castle
Sayangnya, sewaktu aku datang kesini, sedang ada pekerjaan di gerbang Lancaster Castle, entah itu perawatan atau renovasi.

Di gerbang benteng, kita bebas-bebas aja kalau mau masuk, jalan-jalan, atau foto-foto. Nah, tetapi kalau kita mau melihat ruangan-ruangan yang ada di dalam benteng, kita harus membayar tiket. Meskipun sudah membeli tiket, kita tetap tidak diperbolehkan masuk ke dalam benteng secara mandiri. Setiap kita membeli tiket, maka kita wajib mengikuti tur yang akan didampingi oleh guide.

Harga tiket masuk untuk orang dewasa adalah £8, sudah termasuk biaya tur. Cukup mahal sih kalau dibandingkan dengan harga tiket masuk ke benteng-benteng yang ada di Indonesia. Apalagi kalau aku bandingin sama tiket masuk Museum Benteng Vredeburg yang cuma 2000 rupiah.

DSC02382

Waktu itu, aku ikut tur yang jam 15.00. Pertama-tama kita dijelaskan mengenai sejarah bangunan dan eksterior. Disaat itu pula kita diperingatkan untuk tidak mengambil foto di tempat-tempat tertentu yang ada larangan memfoto. Kalau masih mau nekat sih ya bisa berakhir di penjara.

Pemandu kemudian membuka pintu masuk benteng dan men-scan tiket pengunjung satu persatu. Setelah itu pengunjung diberi penjelasan mengenai ruangan-ruangan dan sejarahnya. Awalnya, Lancaster Castle dibangung sebagai benteng pertahanan dari perampokan oleh bangsa Skotlandia. Seiring berjalannya waktu, benteng ini menjadi penjara, pengadilan, dan juga tempat eksekusi bagi para terpidana. Salah satu cerita paling terkenal yaitu kisah 10 orang penyihir yang diadili dan dinyatakan bersalah di benteng ini lalu dihukum gantung pada abad ke-17.

Sampai saat ini, Lancaster Castle masih berfungsi untuk menyelenggarakan sidang pengadilan. Kalau sedang ada persidangan yang digelar, kita tidak diperbolehkan masuk ke ruang pengadilan. Beruntung, waktu saya kesana, tidak sedang berlangsung persidangan. Jadi, saya bisa melihat sebagian ruangannya, beberapa dibatasi. Dari melihat ruangan dan mendengar cerita-cerita yang disampaikan pemandu, entah kenapa saya langsung teringat dengan film Pirates of the Caribbean. Pada jaman dulu, setiap terdakwa yang dinyatakan bersalah, akan dicap tangannya dengan branding iron atau cap dari besi panas. Cap yang diberikan yaitu huruf ‘M’ yang berarti ‘malefactor‘ or ‘evil-doer’. Pas diceritain ini aku langsung keinget abang Jack Sparrow yang di tangannya ada cap huruf ‘P’ alias ‘pirate‘. Duh, bang Jack…

Tur sendiri memakan waktu sekitar 1,5 jam. Cerita-cerita yang disampaikan pemandu emang banyak ngerinya, ya maklum, soalnya tempat ini dulu penjara. Para tahanan pun dulu ditawan dengan cara yang mungkin kurang berperikemanusiaan. Kadang si pemandu harus minta izin ke orang tua yang membawa anak sebelum mereka bercerita karena yang akan disampaikan mengandung unsur kekerasan. Tapi pemandunya asyik kok dalam menjelaskan.

Lancaster

Secara keseluruhan, seru sih dateng kesini. Karena castle ini letaknya diatas bukit, layaknya benteng-benteng lain di Inggris, kita bisa melihat pemandangan kota Lancaster dari tempat yang agak tinggi dikit, hehe. Selain itu, pengetahuanku jadi nambah-nambah dikit lah, termasuk jadi tau kalau Joseph Pilates, penemu pilates pernah ditawan disini pada masa Perang Dunia I.

Ah, aku jadi kangen Lancaster.

Sebenernya kangen atau belum puas jalan-jalannya ya? ;p

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s