Olahraga Kaki di Taman Margasatwa Ragunan

Akhirnya ke Ragunan juga.

Penasaran gak sih sama kebun binatang pertama di Indonesia? Kalau saya sih, iya. Sebagai pendatang di daerah Jabodetabek, saya lumayan penasaran kayak apa sih bentuknya Kebun Binatang Ragunan itu.

Dengan menggunakan KRL dan angkot, sekitar pukul 10.30, akhirnya sampailah saya dan teman saya di Taman Margasatwa Ragunan atau orang sering menyebutnya dengan Kebun Binatang Ragunan. Tiket masuk Kebun Binatang Ragunan sangat murah yaitu Rp. 4000,-Β  untuk orang dewasa dan Rp. 3000,- untuk anak-anak. Pantes aja kalau tempat wisata ini selalu ramai, soalnya murah dan punya nilai edukasi. Namun, sekarang ini Kebun Binatang Ragunan sudah menerapkan e-ticketing. Jadi, pengunjung harus menggunakan Jakcard untuk masuk ke lokasi wisata. Katanya sih untuk mengurangi antrian pembelian tiket. Bagi yang belum punya, kita bisa membeli di loket yang tersedia di Kebun Binatang Ragunan dengan harga 30 ribu rupiah (harga kartu 10 ribu + saldo 20 ribu). Bagi yang sudah punya Jackard, tinggal masuk saja deh. Satu kartu bisa digunakan untuk banyak orang selama saldonya cukup. Jackard ini juga bisa digunakan untuk naik TransJakarta dan juga e-parking. Kalau buat yang tinggal di Jakarta sih mungkin akan berguna ya, tapi kalau buat yang bukan penduduk Jakarta atau yang mungkin cuma sesekali ke Ragunan ya jadinya harus ada biaya tambahan deh buat masuk lokasi wisata. Apalagi, tempat wisata lain belum ada yang menggunakan sistem ini.

Begitu masuk gate, ada papan peta lokasi wisata Kebun Binatang Ragunan. Disini kita harus memutuskan kemana kita akan melangkah :D. Waktu saya ngeliat ini, saya pikir saya bisa menjelajahi seluruh isi kebun binatang dan bisa melihat semua binatangnya. Tapi ternyata gak bisa. Waktunya gak akan cukup. Kebun binatang ini luas banget. Terlebih lagi jarak antar kandangnya berjauhan. Dan lagi, kebun binatang ini tidak memberikan alur perjalanan bagi pengunjung. Jadi, pengunjung bebas mau jalan ke arah mana. Kesimpulannya, pelajari peta wisata ini dan tentukan prioritas lokasi yang ingin dikunjungi atau binatang yang ingin dilihat.

Processed with VSCO
Kira-kira seperti ini papan peta wisatanya, tapi ini versi kecil yang saya temukan di dalam kebun binatang.
ragunan-papan-penunjuk
Yang ini agak bikin bingung

Karena saya niatnya cuma jalan-jalan, saya tidak mempelajari peta wisata tersebut, danΒ  berjalan tanpa tujuan. Di persimpangan jalan, ada papan penunjuk yang berisi nama-nama hewan atau tempat. Saya ngikutin itu aja. Tapi, menurut saya papan penunjuk itu agak membingungkan dan meragukan. Saya sudah ngikutin arah yang ditunjuk tapi hewan yang mau dilihat gak ketemu-ketemu juga, agak PHP gitu. Lama-lama, saya jalan ngikutin feeling aja pengennya belok kemana. Dan jadilah kaki rasanya berkonde karena kebanyakan jalan.

ragunan-pelikan

ragunan-merak

ragunan-merak-albino
ada merak albino

Jam 14.30,Β  kami memutuskan menyudahi jalan-jalan ini. Angin sudah berhembus cukup kencang dan langit sudah sangat mendung. Untuk perjalanan pulang, kami memilih menggunakan TransJakarta yang haltenya terletak tepat di depan pintu masuk Kebun Binatang Ragunan.

Secara keseluruhan sih, cukup menyenangkan jalan-jalan di Ragunan. Udaranya sejuk dan sebagian besar jalan yang saya lewati cukup rindang karena banyak pohon-pohon besar. Kalau dari hewan-hewannya ya… ada yang populasinya banyak, ada juga kandang yang kosong. Pengalaman paling menarik adalah sewaktu menyaksikan harimau mengaum, benar-benar berkharisma, dan melihat dari dekat burung merak mengembangkan ekornya, cantik sekali. Sedihnya sih pas banyak pengunjung yang ngasih makan ke binatang yang ada di kandang primata padahal udah ada larangannya untuk tidak memberi makan ke satwa.

2 thoughts on “Olahraga Kaki di Taman Margasatwa Ragunan

  1. Hehe asyik Mba jalan-jalan ke Rahunan ya, udah lama saya ga kesana. Tapi klo dilihat dari artikel mba, Ragunan tetap mempesona ya hehe nice artikel mba, salam kenal btw πŸ™‚

    Like

Leave a Reply

