Hutan Mangrove Kulon Progo

Jadi, ceritanya beberapa waktu yang lalu saya pulang kampung pas weekend. Kangen gitu sama rumah πŸ™‚

Belum lama saya denger kalau di Kulon Progo, kampung halaman saya, ada hutan mangrove. Karena penasaran, saya ajak orang tua dan adik saya pergi kesana. Tempatnya sih sebenernya mudah dijangkau, tapi karena belum paham, kami sempat salah jalan dan harus putar balik. Saya kira, jalan ke hutan mangrove ini sama dengan jalan ke arah Pantai Congot. Namun ternyata, meskipun orang-orang sering menyebutnya hutan mangrove Congot, tetapi letaknya bukan berada di kawasan Pantai Congot. Apabila Anda datang dari arah timur, Anda masih harus berjalan ke barat dari pertigaan jalan yang menuju ke arah Pantai Congot. Anda harus melewati jembatan terlebih dahulu baru setelah itu belok ke kiri menuju hutan mangrove. Tanya pada orang sekitar adalah cara paling jitu menurut saya untuk sampai ke tempat tujuan. Sebenarnya ada kok papan penunjuknya, cuma kami aja yang ga ngeh.

Hutan mangrove Kulon Progo terletak di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Akses kesana sebenarnya sangat mudah. Hanya sebelum masuk ke lokasi itu jalannya sempit sekali yang hanya bisa dilewati satu mobil. Jadi kalau berpapasan dengan mobil lain ya harus ada yang minggir dulu ke halaman rumah penduduk. Mungkin akan lebih baik jika dibuat jalur masuk dan jalur keluar yang berbeda sehingga lebih nyaman lalu lintasnya.

Akhirnya, sampailah kami di hutan mangrove Kulon Progo yang foto-fotonya sudah banyak bertebaran di instagram. Di lokasi hutan mangrove ini, kami berjalan melewati jembatan-jembatan bambu yang dinamakan jembatan api-api. Pertama kali mendengarnya saya bertanya-tanya juga kenapa dinamai jembatan api-api. Saya lihat jembatannya hanya jembatan bambu biasa, tidak ada yang spesial. Setelah saya cari tau di google, rupanya api-api adalah salah satu jenis dari pohon mangrove yang banyak ditanam disitu.

dsc01702
Jembatan api-api

Saat kami berkunjung kesana, tempat ini ramai sekali dikunjungi para wisatawan. Kebanyakan sih remaja ya. Di tempat ini, disediakan banyak sekali spot-spot untuk berfoto ria. Ada juga perahu yang ditawarkan untuk pengunjung yang ingin keliling-keliling dengan perahu. Oya, dari hutan mangrove ini, kita juga bisa langsung ke pantai loh. Jadi disana ada akses menuju pantai yang cukup ditempuh dengan jalan kaki.

dsc01698
Kita bisa sekalian ke pantai.. πŸ™‚

Saat saya ke hutan mangrove, matahari udah hampir tenggelam, jadi udaranya enak, seger. Tapi kalau datangnya siang ya mungkin akan panas banget.

Menurut saya, tempat ini bagus sekali dijadikan tempat wisata yang tentunya menambah keragaman wisata di Kulon Progo semakin bertambah. Saya harap pemerintah dapat lebih serius mengembangkannya dan melakukan perawatan sehingga mampu menjadi daya tarik wisata Kabupaten Kulon Progo. Yang saya herankan kenapa disini banyak tulisan semacam “quote-quote” cinta gitu ya.. Apakah ada hubungannya dengan mangrove atau hanya salah satu cara untuk menarik perhatian remaja?

Advertisements

2 thoughts on “Hutan Mangrove Kulon Progo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s