Oldboy (2003), twist yang gila

Pengalaman seru saat nonton film buat saya adalah ketika ending-nya mengejutkan. Tidak hanya memberi suatu pengalaman seru saat menonton, tetapi juga memberikan after-taste yang sampai bikin kita yang nonton kepikiran paling tidak sampai bangun tidur di keesokan harinya.

Tidak banyak film yang bisa membuat saya ikutan ‘gila’ setelah menonton. Iya, film Oldboy ini ‘gila’ banget. Sampai setelah saya selesai nonton filmnya, saya masih kepikiran gimana ya kehidupan tokoh-tokohnya setelah ending yang mencengangkan itu.

Oldboy memberikan pengalaman itu.

Sebenarnya film ini sudah nangkring lama di hardisk, cuma niat untuk nonton belum ada juga. Sampai suatu ketika, saya nonton Running Man episode lama (ep. 91) yang mana ceritanya mengutip sedikit dari Oldboy dan entah kenapa saat itu juga langsung saya berniat menonton Oldboy.

Cerita pembuka yang menarik, membuat saya bertahan nonton. Rasa penasaran juga yang membuat saya bertahan menonton sampai akhir.

oldboy
Oh Dae Su, saat disekap dalam ruangan

Bayangkan jika Anda tiba-tiba disekap di sebuah ruangan tertutup selama 15 tahun tanpa tau siapa yang menyekap Anda dan mengapa Anda disekap. Setelah 15 tahun berlalu pun, Anda hanya dilepas begitu saja tanpa diberi penjelasan. Gila ‘kan? Saya sebagai penonton juga penasaran seperti tokoh utama dalam film ini, Oh Dae Su yang diperankan oleh Choi Min Shik.

Sepanjang film, Anda akan diajak mencari tau tentang apa yang sebenarnya terjadi dan mengapa semua ini terjadi. Dan sampai di akhir film, Anda akan merasakan guncangan yang hebat dan bahkan rasa sakit ketika melihatnya. Saya mencoba untuk tidak memberikan spoiler, maka dari itu saya tidak akan bercerita banyak mengenai alurnya. Saya juga tidak akan me-review karena saya tidak bisa, hihihihi, (saya cuma penikmat film) dan pasti sudah banyak orang yang melakukannya, mengingat film ini meraih banyak penghargaan.

Saya hanya akan bercerita bahwa menonton film ini, membuat saya berpikir memang Oldboy adalah film yang hebat. Ceritanya segar karena belum pernah saya temukan di film lain. Dan yang paling penting, twist di akhir cerita membuat saya tercengang. Segila itukah dendam?

Leave a Reply

