Khawatir

Beberapa saat yang lalu aku mendengar cerita dari salah satu teman kerja. Dia bilang kalau di hidup ini kita tak perlu khawatir. Ada Tuhan yang mengatur hidup kita. Aku pikir itu memang benar. Pikiran manusia sendiri lah yang terkadang membuat segala sesuatu jadi sulit. Ketakutan dan kekhawatiran berlebih mungkin membuat hati kita tidak tenang.

Aku sendiri jadi ingat pengalamanku. Ketika aku mau nonton konser BIGBANG, tapi ngga ada temen. Aku udah kebayang-bayang kalau nanti pulang sendirian gimana. Aku kan masih baru tinggal di daerah ini dan venue konsernya pun masih baru, belum banyak angkutan. Aku sebenarnya berani, tapi aku lebih seneng kalau ada temen pulang.

Aku udah usaha banget cari temen, tapi belum dapet juga. Waktu itu aku udah hampir putus asa dan ngga bisa tidur karena kepikiran. *Kayaknya sengsara banget ya nonton konser sendirian, haha*. Aku khawatir.

Kemudian, aku pasrah. Aku udah ngga tau kemana lagi cari temennya. Aku udah memutuskan aku akan pulang sendiri. Aku udah mikirin juga gimana caranya pulang yang paling aman, dll. Saat itu juga aku mikir, Allah ngga akan meninggalkan hamba-Nya dalam kesusahan. Allah Maha Penolong. Aku yakin aja waktu itu, pasti ada jalan. Pasti Allah akan menolong.

Keesokan harinya, aku baca twitter kalau ada situs untuk saling berbagi buat mereka yang berangkat, nonton, dan/atau pulang konser sendiri. Aku manfaatin situs itu untuk cari temen (lagi). Dan tanpa disangka-sangka, aku liat alamat yang ngga asing, yaitu alamat kompleks tempat aku tinggal. Dan akhirnya orang itu mau barengan sama aku.

Aku pikir, sekuat-kuatnya kita berusaha, tapi jika Allah belum mengizinkan, maka apapun yang kita inginkan ngga akan terwujud. Tapi justru ketika kita serahkan urusan kita pada Allah dan berpikir baik tentang-Nya, in syaa Allah, kita akan mendapat jalan terbaik yang bisa kita lalui. Tentu, tidak lepas dari usaha. Tapi, harus dijalani dengan pikiran yang tenang dan tak perlu khawatir.

Leave a Reply

